25 Ide Bisnis online- usaha sampingan modal kecil yang menjanjikan


1. Bisnis Reseller 

reseller adalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali produk maupun jasa dari distributor, produsen, atau supplier yang sudah bekerjasama dengan pelaku bisnis tersebut. Berbeda dengan dropship, disini seorang reseller sudah membeli stok barang yang ingin ia jual kembali.



reseller adalah orang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen.



Menurut Dictionary Cambridge, reseller merupakan individu atau perusahaan yang membeli produk dari pabrik/manufaktur untuk dijual kembali ke konsumen. Untuk itu anda terlebih dahulu mengeluarkan modal baru bisa memulai berjualan.

Reseller memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan dropshipper, karena ia memperoleh harga yang sangat kompetitif melalui pembelian jumlah banyak kepada supplier. 

Seorang reseller harus membeli barang sebagai stok dengan jumlah banyak kepada supplier.



Pembelian dalam jumlah banyak dilakukan agar harga barang yang diperolehnya kompetitif sehingga margin atau selisih harga pembelian dengan harga penjualan yang didapat semakin besar.



Seorang reseller harus memiliki modal yang cukup untuk menyetok barang.



Reseller dapat menawarkan barang secara langsung, karena reseller memiliki stok barang yang ingin dijual.



Seorang reseller bertugas mencari calon pembeli, mengurusi packing (pengemasan) barang, dan pengiriman barang.




Tips untuk reseller pemula 

dikutip dari Cermati.com:



Kenali produk - Lihat apakah produk yang dimiliki memiliki peluang yang besar untuk berkembang atau tidak.



Popularitas Brand - Semakin populer brand tersebut, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk membelinya.



Membandingkan Produk – sebelum membeli Anda perlu mengamati dan membandingkan produk yang sejenis. Misalnya bahan pakaian.



Profil Perusahaan - Menjadi reseller menunjukkan bahwa Anda telah siap bergabung untuk perusahaan tersebut. Langkah awal yang perlu diamati sebelum bergabung adalah melihat profil perusahaan dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google



Sistem Pelayanan - Anda perlu memastikan berapa lama jam support online yang disediakan oleh perusahaan tersebut, apakah layanan konsumen buka setiap hari, dan ketahui bagaimana sistem pengirimannya.



Tips produk-produk yang bisa dijual


berikut ini ada beberapa tips produk-produk apa saja yang bisa anda jual dan paling banyak dicari konsumen di pasar dunia maya:



1. Produk Fashion

Kebutuhan masyarakat akan produk fashion  tak akan pernah habis karena produk fashion merupakan kebutuhan primer setiap orang.



jika anda berniat memulai usaha sebagai reseller sebaiknnya carilah supplier produk fashion yang produknya mengikuti trend yang sedang berkembang di kalangan masyarakat, seperti baju, celana, rok, dress, hijab, busana muslim, sepatu, tas, jam tangan, kacamata, accesories, dan sebagainya.



2. Produk Kecantikan 

Bagi wanita kecantikan adalah segalanya dan harus tetap dijaga. Oleh karena itu, menjual kosmetik secara online juga merupakan cara yang tepat untuk mencari keuntungan bagi pelaku bisnis online. Untuk produk-produk kecantikan anda bisa mencari suplier yang menjual kosmetik seperti lipstik, bedak, masker, parfum, lulur badan, masker dan sebagainya.



3. Perlengkapan Bayi

Kebanyakan para ibu muda yang sibuk bekerja dan tak banyak waktu untuk berbelanja di toko offline cenderung lebih memilih untuk membeli perlengkapan bayi secara online. Seiring dengan permintaan pasar yang semakin meningkat akan kebutuhan perlengkapan bayi tersebut anda bisa memanfaatkannya dengan menjual perlengkapan bayi seperti popok, baju bayi, kereta bayi, pompa asi, botol susu dan perlengkapan bayi lainnya.



4. Perlengkapan Makan

Seiring dengan berkembangnya zaman, peralatan makan tidak lagi hanya sebatas piring, sendok, dan gelas. Banyak jenis peralatan makan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas masyarakat modern saat ini. Saat ini banyak pebisnis online shop yang juga menjual peralatan makan yang modelnya mengikuti perkembangan zaman seperti menjual botol minum/tumbler dan tempat makan.



5. Kado

meskipun toko kado offline menjual berbagai macam kado namun pembeli tidak bisa request sesuai dengan keinginan mereka, berbeda dengan toko kado online pembeli bisa request model dan warna serta dapat membungkus kado dengan variasi bentuk kemasan dan pilihan corak kertas kado yang dapat dipilih sendiri oleh pembeli. Toko kado online juga dapat mengirimkan langsung kepada penerima kado, anda hanya perlu memberikan alamat lengkap penerima beserta pesan pribadi (yang akan dicetak pada kartu ucapan).



Contoh toko kado online happykado.com


2. Bisnis dropshipper

 Dropship adalah sebuah teknik untuk pemasaran online dimana para pelaku bisnis toko online atau penjual tidak perlu menyimpan stok barang yang banyak, karena saat penjual mendapatkan orderan, maka penjual langsung meneruskan orderan dan detail pengiriman kepada produsen, distributor, atau supplier yang sudah bekerjasama dengannya.



Dropshipper adalah orang yang menjual suatu produk dari supplier, namun tidak menyetok barang terlebih dahulu.

Dropshipper tidak akan mengalami kerugian karena tidak akan menanggung risiko barang yang tidak laku.



Kelebihan dan Kekurangan Dropship


Dropship adalah model bisnis yang sangat efektif karena memiliki banyak kelebihan diantaranya :



Mudah untuk memulai. Bagi Anda yang baru mulai menjalankan toko online, memulai dengan pengiriman bisnis dropship cukup mudah. Anda hanya perlu mencari supplier, membuat website dan mulai berjualan.


Biaya mulai usaha rendah. Biaya terbesar untuk memulai operasi ritel adalah membeli persediaan untuk dijual. Namun untuk menjalani bisnis Dropship, Anda tidak harus membeli dan menyediakan stok barang apa pun. Satu-satunya biaya yang akan dikeluarkan hanyalah biaya untuk membuat situs web Anda.


Overhead rendah Karena Anda tidak memiliki stok barang yang disimpan, Anda tidak perlu menyewa ruang gudang. Menjalankan toko online Anda juga tidak membutuhkan ruang seperti toko fisik. Satu-satunya biaya tetap Anda adalah biaya yang diperlukan untuk menjalankan situs web toko online Anda, yang biaya bulanannya sekitar $ 30.


Resiko rendah. Anda tidak perlu khawatir jika barang tidak laku karena Anda juga tidak akan mengeluarkan biaya untuk barang yang dijual pada toko online Anda, bisnis dropship resikonya sangat rendah. Jika barang tidak terjual, Anda tidak akan kehilangan apapun!


Kerja Merdeka. Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari mana saja dengan laptop dan koneksi internet. Anda bisa menjalankan toko online saat bepergian dan dapat bekerja dimana saja !



Tentu saja, seperti bisnis lainnya, dropship tidaklah sempurna. Ini memiliki beberapa kontra juga:



Menurunkan harga lebih murah dari suplier. Meskipun hal ini tidak semuanya benar, banyak suplier mengenakan harga yang lebih tinggi untuk pengiriman barang yang harga sebenarnya murah, yang membuat Anda sulit menaikkan harga dan kehilangan keuntungan.


Persaingan ketat. Karena ini adalah model bisnis mudah, banyak orang yang menjual dagangan yang sama dengan Anda. Namun, Anda bisa menghindari persaingan dengan memilih segmen yang sangat spesifik untuk dijual atau unik namun masih memiliki banyak peminat. (Menjual perhiasan pug lovers, misalnya!)


Sulit mengelola persediaan. Dengan pemilihan produk yang masif, dan sering kali tidak mengetahui jumlah stok barang yang masih tersedia pada suplier, mudah kehilangan track dan harus memesan di backorder atau bahkan membatalkannya. Masalah ini memburuk saat Anda mengembangkan bisnis Anda untuk dijual di banyak saluran. 


Kompleksitas pengiriman. Jika Anda menjual produk dari beberapa suplier, Anda pasti akan menemui beberapa masalah dengan biaya pengiriman. Misalnya, jika pelanggan Anda memesan tiga item yang Anda dapatkan dari tiga suplier berbeda, Anda harus membayar biaya pengiriman secara terpisah pada masing-masing suplier. Melewati biaya ini ke pelanggan Anda dapat menurunkan tingkat konversi Anda, jadi Anda mungkin harus mengurangi biaya, menurunkan margin lebih jauh.


Kesalahan Suplier. Bagaimana jika suplier Anda membuat kesalahan, pertanyaan itu pasti ada terlintas di kepala Anda. Pelanggan tidak peduli apakah itu kesalahan dari suplier Anda, karena mereka membelinya dari Anda, jadi Anda akan bertanggung jawab sepenuhnya. Inilah salah satu dari banyak alasan mengapa kita mesti bijaksana memilih suplier dengan lebih teliti.


Rendahnya tingkat kontrol merek. Ini mungkin salah satu kelemahan terbesar untuk bisnis drophip. Karena suplier Anda yang mengirimkan paket kepada pelanggan Anda, Anda tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan kemasan khusus atau menyertakan barang gratis (seperti sticker) atau catatan tertulis tangan. Namun, beberapa suplier mungkin bersedia melakukan hal-hal ini untuk Anda jika Anda memintanya.



Para dropshiper biasanya akan mengambil margin rata-rata sekitar 20% -40%, namun beberapa relung seperti perhiasan, pakaian, dan aksesoris elektronik bisa setinggi 100%



Namun, seperti yang saya katakan di atas, itu bisa sangat bervariasi tergantung pada pemasok tempat Anda bekerja. Membeli langsung dari produsen bisa memberi Anda margin yang jauh lebih baik.



Jadi, berapa banyak uang yang bisa kamu hasilkan sebagai dropshipper ? Nah, coba Anda baca beberapa kisah sukses dibawah:

1.   Irwin Dominguez menghasilkan $ 1 juta dalam 8 bulan dengan menjalankan bisnis dropship.

2. HelloMatcha menghasilkan $ 922.16 dalam 3 hari setelah meluncurkan bubuk matcha. 
3. Tucker Schreiber membangun bisnis t-shirt online dan menghasilkan $ 1,248.90 dalam 3 minggu.



Dropship tidak perlu memiliki stok barang, fokus dropship hanya mencari konsumen saja, dan saat ada orderan dari konsumen, dropshipper langsung meneruskan orderan dan detail pengiriman kepada supplier.



Dropshipper hanya bermodalkan pulsa atau kuota internet saja, bisa dibilang seorang dropshipper tidak memerlukan modal sama sekali.



Seorang dropshipper dapat mempromosikan produknya lewat media sosial, website, grup chat, dan sebagainya.



Dropshipper tidak perlu repot dengan masalah packing dan pengiriman barang. Seorang dropshipper hanya bertugas memasarkan produk, mencari calon pembeli, dan menghubungi supplier jika ada orderan dari konsumen.



Sistem dari bisnis dropshipping itu sebenarnya cukup sederhana. 


1. Penjual/ pengecer memilih beberapa produk dari supplier yang akan dijual. 


2. kemudian mengambil beberapa foto dari produk.


3. foto diupload ke media pemasaran disertai dengan keterangan singkat. 


4. Bila terjadi pembelian, maka si konsumen akan memilih barang yang ingin dibeli dan mengirimkan uang sesuai dengan harga barang yang Anda tentukan.


5. Si penjual/ pengecer kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang dan memberikan informasi barang yang dibeli beserta data si pembeli. 


6. Penyedia barang atau supplier akan mengemas barang yang dibeli dan mengirimkan barang kepada konsumen atas nama Anda sebagai pengirimnya.





Tips Singkat Memilih Supplier Untuk Bisnis Dropship


1. Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi pada banyaknya jumlah barang yang dijual.


2. Pilih supplier yang sudah memiliki sistem yang sudah jelas, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.


3. Pilihlah supplier yang mudah dihubungi. Namun, kita harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untutk menerima telepon atau chating dengan Anda karena mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya.


4. Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper. Ini diperlukan untuk data pengirim barang ke si pembeli, supplier akan menuliskan nama atau toko online si dropshipper di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.



Bagian terpenting dari bisnis pengiriman dropship yang sukses adalah menemukan pemasok hebat untuk menjadi mitra Anda saat Anda memulai dan mengembangkan bisnis Anda. Bukan mitra bisnis legal Anda, tapi orang atau perusahaan yang Anda andalkan untuk membawa produk Anda ke pelanggan Anda tepat waktu dan dalam satu kesatuan.



Bagian terpenting dari teka-teki pengiriman dropship adalah memasarkan bisnis Anda. Cukup menempatkan produk Anda di Tokopedia, Shopee, atau situs web Anda sendiri akan mendorong banyak penjualan.


3. Bisnis afiliasi

Affiliate marketing ini adalah model bisnis penjualan berbasis komisi. Jadi ketika Anda berhasil menjual, Anda mendapatkan uang.
 
Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula. 




Keuntungan Mengikuti Afiliasi



berikut ini adalah sejumlah keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti situs referensi afiliasi



1. Pada umumnya, pendaftaran untuk menjadi anggota afiliasi seperti ini gratis atau tidak dipungut biaya.


2. Mendapat link referensi untuk diri sendiri agar bisa memasarkan produk atau jasa.


3. Mendapatkan komisi dari penghasilan yang didapat berdasarkan hasil penjualan. Pada umumnya, komisi yang ditawarkan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan memasang iklan ppv (pay per view), ppc (pay per click), atau beberapa jenis iklan lainnya.


4. Pembayaran komisi terbilang praktis, sehingga hal ini tak akan merugikan siapa pun yang memilih untuk menggunakan situs referensi afiliasi.


5. Produk atau jasa yang ditawarkan pada umumnya terdiri dari beragam jenis serta fungsinya, sehingga akan membuka kesempatan memasarkan secara lebih luas.


6. Sistem kerja yang diterapkan cenderung fleksibel, sehingga ini akan memberi kemudahan untuk siapa pun yang memutuskan untuk menggunakan situs afiliasi tertentu.

Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah Anda memiliki situs afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi Anda ke situs pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk / jasa akan menangani pemesanan secara langsung.



Singkatnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


BUAT WEBSITE AFILIASI


TARUH LINK AFILIASI ANDA DI WEBSITE AFILIASI


DATANGKAN PENGUNJUNG KE WEBSITE PEMILIK PRODUK DENGAN LINK AFILIASI KITA



 Cara kerja situs referensi afiliasi ini sendiri bisa dimulai dengan mendaftar di toko atau perusahaan program afiliasi tersebut,  panduan cara memulai bisnis afiliasi Bila seseorang yang melamar pada vendor tersebut diterima, maka orang tersebut bisa mulai memasarkan produk dalam bentuk barang atau jasa tersebut dengan memanfaatkan situs afiliasi Indonesia tempatnya bekerja.



Bila orang tersebut berhasil menjual produk barang atau jasa tersebut, maka ia pun akan mendapat sejumlah komisi dari penjualan tersebut. Besarnya komisi ini pada umumnya ditentukan oleh perjanjian yang telah disepakati oleh pihak vendor dan pihak ke-3.



Pada umumnya, seseorang akan diberi link berupa kode iklan yang akan dipasarkan oleh pihak vendor. Inilah yang bisa membantu promosi produk tertentu, sesuai dengan yang dimiliki oleh pihak ke-3 tersebut.



Pada umumnya, rentang komisi yang akan diberikan antara 30 sampai dengan 60%. Ada pula vendor yang memberi komisi dalam bentuk passive income bila ada konsumen yang memutuskan untuk memperpanjang kontraknya dengan vendor afiliasi tersebut. Biasanya besarnya komisi passive income antara 10 sampai dengan 20%.




Cara Memulai Bisnis Afiliasi



Cari referensi

Pastikan Anda mencari referensi mana situs referensi afiliasi yang paling bagus dan bisa memberi keuntungan. Temukan info selengkap dan sebanyak mungkin.


Bandingkan dengan kompetitor

Anda bisa membandingkan kekurangan dan kelebihan dengan kompetitor.



Daftar ke situs afiliasi terpilih

Setelah membandingkan dengan kompetitor, Anda bisa bergabung dengan situs afiliasi yang sudah dipilih. Pastikan Anda sudah terdaftar dan bergabung sebelum melaksanakan cara selanjutnya.


Pasang iklan

Setelah mendaftar, Anda bisa langsung memasang iklan sesuai dengan yang diinginkan.


Pemasaran dan komisi

Di sini, pemasaran pun mulai terjadi. Jika produk dalam bentuk barang atau jasa berhasil terjual, maka akan ada komisi yang bisa didapatkan.




Berikut Daftar Program Bisnis Afiliasi Terbaik yang Perlu Anda Tahu



Bisnis Afiliasi Ratakan



Ratakan merupakan Program Afiliasi Terbaik di Indonesia. Terlepas dari itu, produk-produk yang bisa kita jual dari ratakan ini pun banyak di cari karena rata-rata produk yang terdapat pada ratakan ini merupakan produk digital.



Bagaimana cara mendaftar Bisnis Afiliasi Ratakan?

Pertama, silahkan menuju formulir pendaftaran dari Ratakan melalui Link Berikut account.ratakan.com/signup. Kedua, Isi Formulir Dengan Lengkap dan Benar. Ketiga, Centang Captcha, keempat, Klik Daftar. Kelima, Periksa Email lalu Konfirmasi




Bisnis Afiliasi NiagaHoster



Afiliasi Domain yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Tidak Hanya Domain, tetapi di Niaga Hoster juga tersedia Afiliasi Hosting. Sehingga Kita juga bisa berjualan Hosting. Keuntungan yang kita dapatkan dari menjual domain dan hosting di niagahoster sangatlah besar. Kita akan mendapatkan komisi sebesar 70%.


Untuk cara pendaftarannya sendiri sama dengan pendaftaran pada umumnya. Jika Anda berminat mendaftar silahkan menuju link berikut niagahoster.co.id/afiliasi



Bisnis Afiliasi Lazada


Bisnis afiliasi yang pertama hadir dari salah satu toko online terbesar di indonesia yakni Lazada. Banyak keuntungan jika Anda bergabung dalam Bisnis Afiliasi Lazada, salah satunya yaitu komisi yang besar. Tak hanya itu Lazada juga memberikan statistik Afiliasi Pemasaran kita secara real time.


Bagaimana cara mendaftar Program Afiliasi Lazada?


Pertama, Silahkan menuju ke pendaftaran program afiliasi lazada melalui link berikut lazada.co.id/lazada-affiliate-program/. Kedua, Klik Ikon daftar yang ada di pojok kanan pada gambar Lazada Affiliate Program yang berwarna Ungu.

Ketiga, Isikan seluruh formulir pendaftaran. Keempat, Tunggu email konfirmasi selanjutnya.



Bisnis Afiliasi Tokopedia


Sama seperti Lazada, Tokopedia merupakan salah satu toko online terbesar di indonesia. Tokopedia juga menyediakan program afiliasi, sehingga kita bisa menjual produk yang ada pada tokopedia.



Bisnis Afiliasi Blibli


Tak mau kalah dengan Lazada dan Tokopedia, Blibli juga membuat program afiliasi. dan Terbukti Program Afiliasi blibli menjadi salah satu program afiliasi terbaik di indonesia.





Bisnis Afiliasi P-Store.NET


Situs Marketplace terbesar di Indonesia Ini sangat banyak di manfaatkan para pengguna dan penyedia baik jasa maupun produk-produk lainnya. Situs yang satu ini merupakan salah satu situs program bisnis afiliasi terbaik. Setiap ada orang yang berhasil Anda ajak mendaftar menjadi member di P-store.NET  Anda akan langsung mendapatkan komisi sebesar $ 0.35.




Inilah 4 Pengusaha yang Sukses Dengan Affiliate Marketing



Ewen Chia


Pelaku bisnis online yang berasal dari negeri tetangga Singapura ini telah menjajal dan menjalani dengan tekun bisnis online sejak tahun 1997. Keuletannya tersebut sekarang telah membuahkan hasil yang membuat Ewen Chia menjadi tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis online.


Chia juga dijuluki sebagai World’s #1 Super Affiliate atau pelaku bisnis afiliasi nomer satu di dunia. Sekarang ini Chia sering mendapatkan undangan sebagai pembicara dalam banyak seminar marketing.



Habibie Afsyah


Habibie merupakan seorang affiliator yang sukses bergabung dengan Amazon. Meskipun dia memiliki keterbatasan fisik nyatanya hal tersebut tidak menyurutkan tekadnya untuk bisa sukses dalam bisnis afiliasi. Hasilnya sekarang Habibie sering diundang untuk menjadi trainer dan telah menerbitkan buku yang cukup dikenal dengan judul “Sekarang atau Keburu Mati”.



Berto Saksono Aji


Berto Saksono Aji telah membuktikan bahwa dirinya mampu mengumpulkan pundi-pundi uang dan sukses dengan bisnis afiliasi di bidang kesehatan. Dia mensuplai alat-alat kesehatan yang telah dimulainya sejak tahun 2009 yang lalu.

Kini dia telah menancapkan kukunya di dunia bisnis online dengan menggandeng pemasok dari Amerika Serikat dalam penjualan alat-alat kesehatan. Bukan hanya itu, Berto juga ingin menularkan ilmunya dengan membuka Sekolah Bisnis Satu Miliar, sebuah komunitas bagi pelaku bisnis online.



Anne Ahira


Memulai bisnis online pada tahun 2001 yang lalu dan hingga kini situs miliknya telag dikunjungi oleh ribuan bahkan jutaan orang. Hal ini membuatnya sukses menjadi seorang affiliate marketing dan namanya sudah cukup dikenal di dunia bisnis online tanah air.



4. Menjadi Youtuber

YouTube.com adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet. Dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis.

sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube. Bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube.


Langkah-langkah menghasilkan uang dari youtube
 
Berikut ini langkah-langkah menghasilkan uang dari youtube:



1. Membuat Akun YouTube


Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com.


Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus.



2. Mulai Mengupload Video ke YouTube


Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.



3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:


Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik.

Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. 


Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda.


Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.



4. Mendaftar Ke Google Adsense


Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense.



 5. Bisnis software development

        Software development adalah salah satu tipe proyek dalam bidang IT yang berfokus pada menciptakan ataupun mengembangkan sebuah perangkat lunak.


        Banyak pekerjaan yang melibatkan perlaku IT, untuk itu peluang kerja yang di tawarkan cukup banyak dengan gaji yang besar.

        Para perusahaan tersebut berani memberikan gaji yang besar agar mendapatkan perkerja yang handal di bidang tersebut, hal ini di sebabkan sector – sector tersebut adalah sector yang penting yang di miiki perusahaan sehingga harus di tangani oleh para pekerja yang professional.


Software development sendiri bisa diperinci menjadi beberapa proses :

1 Menciptakan sebuah perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan manusia.

2 Mendesain software.

3 Mengembangkan sebuah software aplikasi pada perusahaan.

4 Mengembangkan sebuah platform.

Secara garis besar Software Development terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

1.       Planning
        Merupakan tahap awal untuk memulai Software Development. Tujuan dari tahap ini adalah menghasilkan: 1) proses kerja yang jelas antar setiap anggota, 2) timeline, dan 3) anggaran dana. Pada tahap ini juga, ketua proyek berkoordinasi dengan stakeholder untuk membuat kontrak kerja yang jelas. Selain berisi tentang estimasi dana, kontrak kerja juga harus memiliki batasan-batasan pengerjaan yang jelas. Hal ini dilakukan agar tim proyek tidak terikat dengan tambahan-tambahan modul yang nanti mungkin agar terjadi.

2.       Requirement and Specification
        Tahap ini dilakukan untuk menentukan fitur-fitur yang tepat serta kebutuhan sistem untuk software yang akan dibuat. Tahap ini dapat dilakukan dengan interview, observasi lapangan, dan studi pustaka.

3.       Architecture and Design
        Merupakan tahap untuk menentukan detail sistem yang akan dipakai. Tahap ini bertujuan untuk menentukan desain keseluruhan dari software, yang meliputi: konseptual database, sistem keamanan, dan interface.

4.       Implementation and Testing
        Tahap implementasi merupakan tahap pembuatan software dengan berpedoman pada tahap-tahap sebelumnya. Sedangkan tahap Testing merupakan serangkaian uji coba yang diberikan kepada software untuk menentukan kapabilitasnya. Tsting dapat terbagi menjadi: 1) security testing, 2) performance testing, 3) stress testing, 4) recovery testing.

5.       Deployment and Maintenance
         Kedua tahap terakhir ini adalah tahap dimana software telah mulai digunakan oleh user. Terdapat 2 hal penting yag ada pada tahap ini, antara lain: 1) training penggunaan software dan 2) pemantauan software. Pemantauan dilakukan untuk mengecek apakah software telah stabil atau belum. Kestabilan ini dapat dinilai dengann tidak adanya bug yang muncul selama penggunaan.

 

6. Bisnis blogger

        Blog adalah bagian dari website yang berisi konten yang update. Jika Anda memiliki blog tetapi jarang update, maka blog Anda kurang efektif. Dalam sebuah blog biasanya terdapat sistem komentar, ada sistem subscription (berlangganan), artikel atau konten dikategorisasi dan diberi tanda (tags) serta blog dikelola oleh individual atau perusahaan media.

        Blog adalah salah satu aset yang cukup murah dan dapat Anda lakukan saat ini.

        Berita baiknya, Anda dapat membuat blog dengan modal paket data internet (alias nyaris gratis). Karena blog dapat dimulai dengan modal minim, maka bisnis blog ini dapat disebut bisnis yang menguntungkan. 

        Salah satu blogger sukses di Amerika bernama Pat Flynn (SmartPassiveIncome.com). Pat memulai bisnis blog dari akhir tahun 2008 hingga sekarang. Penghasilan blog SmartPassiveIncome.com mencapai lebih dari US$100.000 per bulan (mencapai Rp1,3 miliar).

       Berikut adalah tujuh langkah praktis cara membuat blog bisnis:

1. Tentukan Tujuan Blog
        Tentukan apakah blog bisnis Anda akan menjadi tempat untuk menceritakan kisah-kisah entrepreneurship, menjual produk/jasa, berbagi tips, tempat berpromosi atau gabungan atas semuanya?

2. Pilih Platform Blog Anda
        Banyak orang akan menyarankan Anda untuk memakai WordPress sebagai platform blog bisnis. Sejauh yang diketahui selama ini, WordPress memang merupakan platform yang menyediakan banyak plugin, dan sangat bersahabat dengan SEO (agar website Anda berada di peringkat satu hasil pencarian Google).

       Akan tetapi, Anda juga memiliki banyak alternatif selain WordPress sebagai platform blog seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:




        Platform terbaik yang dianjurkan setelah WordPress adalah Blogger kemudian blog yang berorientasi banyak di share melalui media sosial, Tumblr.

3. Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri
        Cara membuat blog bisnis selanjutnya adalah memilih web hosting untuk blog Anda. Website seperti GoDaddy atau Register menyediakan jasa web hosting dengan paket-paket tertentu. Dengan menggunakan domain Anda sendiri, maka kredibilitas website dan blog Anda akan meningkat dan juga lebih ramah SEO.

4. Desain Blog Anda Sendiri
        Dalam menentukan desain blog atau website, setidaknya Anda dapat mempertimbangkan hal-hal penting seperti harus mobile friendly, gambar-gambarnya harus beresolusi tinggi, memiliki konten video, memuat halaman dengan cepat, navigasi mudah, tidak rumit dan menampilkan testimoni pelanggan (jika ada).

5. Buat Rencana Konten
        Salah satu bagian dari perencanaan adalah meriset kata kunci yang akan dipakai di dalam konten blog. Anda dapat menggunakan tools seperti Google’s Keyword Planner atau Ubersuggest. Anda juga dapat menggunakan tools berbayar seperti Wordstream.com, WordTracker dan KeywordDiscovery.com.

6. Mudah Dibagikan
        Cara termudah untuk membuat blog Anda agar mudah dibagikan secara lebih luas adalah dengan selalu responsif terhadap komentar dari pembaca dan pastikan konten Anda tersebar di kanal media sosial yang relevan bagi bisnis Anda. Jika Anda hendak menulis mengenai bisnis kecil ada baiknya Anda melakukan crossposting konten blog Anda di LinkedIn Pulse yang saat ini semakin diperhitungkan sebagai sumber bacaan untuk membentuk dan dianggap memiliki kredibilitas di kalangan eksekutif.

        Dengan menjadi pengelola blog yang responsif, maka pembaca akan merasa dihargai pendapat/keberadaannya meski hanya dibalas dengan komentar yang pendek. Sementara itu, menyebarkan konten blog Anda secara berkala di kanal media sosial yang relavan secara berkala dan terus menerus akan semakin memudahkan pembaca baru untuk menemukan konten Anda.

7. Bentuk Tim untuk Blog
        Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak untuk mengembangkan blog bisnis karena Anda dapat menyewa jasa para penulis kreatif dengan mudah

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

1. Komisi Dari Affiliate Marketing
        Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang cukup banyak dilakoni para blogger. Perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita bangun. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini.

2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog
        Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanyalebih  sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. ruang iklan mandiri di blog disewa dengan biaya Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan setiap bulannya.

        Yang wajib diperhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website/ blog yang kita bangun. Misalnya topik website Anda tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche tersebut. 

3. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri
        Ini artinya Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens Anda. sering ditemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu.

        pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Sangat kreatif.

4. Menulis Artikel Tentang Bisnis/ Website Orang lain
        Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, tergantung negosiasi.

5. Menjual Blog Anda
        Ini adalah cara menghasilkan uang dari blog bagi mereka yang suka membuat dan menjual blog atau website. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu memantain blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.

6. Menjadi Publisher Google Adsense
        Google Adsense adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang banyak dilakukan oleh para blogger. Program PPC ini paling terkenal dan paling banyak diikuti oleh publisher di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

        Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita harus punya website/ blog yang memiliki trafik yang cukup besar. Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website/ blog, tapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.


7. Bisnis copywriter online


8. menjadi  penulis freelance online


 9. Bisnis menjual e-book


10. Bisnis penerjemah


 11. Bisnis pulsa online


 12. Bisnis jasa web development


 13. Bisnis jasa konsultasi


 14. Bisnis jasa menambah followers di social media


15. Bisnis jasa desain grafis


16. Bisnis jual artwork


 17. Bisnis jual hasil fotografi


18. Bisnis menjadi admin media sosial


19. Bisnis menjadi vlogger


20. Bisnis menjadi tutor online


21. Bisnis menjadi agen properti online



22. Bisnis membuat tutorial online


23. Bisnis makelar online


24. Bisnis menjual produk digital online


25. Bisnis menjual produk di situs jual beli




 
Pustaka

https://www.cermati.com/artikel/mau-jadi-reseller-atau-drop-shipper-pelajari-ini-dulu

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2913313/5-tips-sukses-jadi-reseller-pemula

https://digitalentrepreneur.id/reseller-online-shop/
https://www.maxmanroe.com/bisnis-online.html

https://blog.kredibel.co.id/perbedaan-bisnis-reseller-dan-dropship/

http://www.neraca.co.id/article/84039/mengenal-lebih-jauh-bisnis-dropship

https://www.alona.co.id/bisnis/apa-itu-bisnis-dropship-berikut-penjelasan-lengkap-untuk-memahami-dropship/
https://webhostmu.com/bisnis-online-affiliate-marketing/

https://undercover.co.id/panduan-lengkap-cara-memulai-bisnis-affiliasi-di-situs-referensi-indonesia-2/

https://www.maxmanroe.com/bagaimana-cara-mendapatkan-uang-dari-youtube.html
http://febrianto11.blogspot.com/2015/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_6.html

Comments

Promo Voucher Game