HARI PEMUTUSAN AMIRA - Skenario oleh Theza Pujiawan Vinansyah












HARI PEMUTUSAN AMIRA

Written by
Theza Pujiawan Vinansyah















1      INT. RUMAH BUDI – KAMAR BUDI – DAY                             1

DODY (22), BUDI (22), dan ANDI (22) duduk sambil bermain kartu uno. Wajah mereka sangat serius. Kecuali DODY, tampak gelisah.

BUDI
Serius nih mau putus ? Baru juga 2 bulan.

DODY menghela napas. Menurunkan 1 kartu uno ke lantai.

DODY
Ya gimana lagi… semenjak pacaran, gue udah
jarang main sama kalian lagi, palingan habis kelas
doang. Gue kangen rutin ikut futsal fakultas. Hari ini
juga sebenarnya Gue nemenin Amira cek kesehatan
kucingnya. Tapi gajadi karena Dia ditemenin bokapnya. 

ANDI
Amira kayaknya sayang banget
sama Lo. Kayaknya Lo harus hati-hati
deh, pas mutusin Dia.

DODY menurunkan tangannya yang daritadi terangkat memegang
kartu. Mukanya memelas.

DODY
Nah, itu yang gue ngga tau.
Gue ngga tau cara mutusin dia.
Gue harus gimana ?

BUDI dan ANDI menatap DODY dan menurunkan tangannya
Yang daritadi terangkat memegang kartu. Lalu, kening
BUDI sedikit terangkat, matanya melotot. Sambil
Menujuk ke arah DODY.

BUDI
Ajakin dia ke Taman bermain aja. Nanti lo cari momen
Yang pas. terus putusin dia pas dia lagi seneng-
senengnya. Biar dia ngga sedih sedih banget.

DODY menatap BUDI, mukanya terlihat sedikit ragu ragu.

2    EXT. STAND PEDAGANG ES KRIM - TAMAN BERMAIN - DAY                   2
AMIRA (22) duduk memakan es krim senyumannya sangat lebar.
DODY duduk namun badannya kaku dan tidak rileks. Gelisah.

DODY
Kamu senang, Mir ?

AMIRA
Senang benget. Udah lama banget aku gak ke
taman bermain kayak gini. Terakhir kali, pas
aku kelas 2 SD!
DODY senyum tipis. Tetap gelisah. AMIRA tersenyum
lebar, sambil mengambil foto es krim yang sedang dia makan.
Lalu, DODY menghela napas.

DODY
Gini, Mir. Aku mau ngomong sesuatu.
Jadi, aku sebenarnya…

Amira tiba-tiba menarik DODY, mengajaknya
selfie bersama.

AMIRA
Kita selfie ya. kamu senyum dong!

AMIRA melihat layar hapenya, dan kaget ketika
menyadari sekitar 50 meter dibelakangnya terdapat sebuah Bianglala. AMIRA balik belakang sambil tersenyum lebar.

AMIRA
Kita naik itu yuk!

Sambil tersenyum, mata AMIRA melotot memandang DODY.
DODY membalikkan badan dan tiba-tiba memasang muka
masam dan menyerengitkan dahi.

DODY
Nggak, nggak, nggak. Aku gamau ah!

AMIRA
Yahh.. kok gitu. Ayo naik!

DODY
Ngga ngga ah.

AMIRA
Ayoo! Sekali aja. aku udah lama gak naik Bianglala.

DODY
Nggausahlah. Itu ngeri tau!


AMIRA memandang DODY tersenyum lebar dan menunjuk-
nunjuk DODY.
AMIRA
Kamu takut ya ?


DODY menegakkan badan. Tatapannya lurus ke depan. Alisnya bersambung.

DODY
Ngga. Ngga. Siapa yang takut ?

AMIRA
cie takut… kalo kamu takut ngomong aja kali.

DODY
Ngga!

AMIRA
Beneran ngga takut ?

DODY
Nggak, ngapain takut?

AMIRA
Kalo gitu, ayo naik!

DODY
Oke!

3    EXT. SAMPING WAHANA BIANGLALA – TAMAN BERMAIN - DAY            3

DODY berjalan lemas menjauhi Bianglala. mulutnya mangap,
Napasnya tidak teratur. Berjalan menuju bak sampah.
Lalu muntah di bak sampah. AMIRA menyusulnya dan berdiri
sekitar 1,5 meter dibelakang DODY. Amira merasa bersalah.

AMIRA
Dod, maaf yaa. Aku gatau kalo kamu gampang mabuk
Kalo naik wahana. Aku ngga bermaksud bikin kamu gini.

DODY
Iya mir,  gak apa apa kok.

DODY masih terus menerus mnuntah di bak sampah.

4    INT. KANTIN KAMPUS – DAY                                       4

BUDI dan ANDI tertawa terbahak bahak sambil menggenggam
Sendok dan garpu di tangannya. DODY serius memakan sepiring
mie ayam yang didepannya. DODY menghela napas,
dan memasang muka serius.
DODY
Udah ?

ANDI masih tertawa. BUDI tertawa sambil meminum es teh yang daritadi didepannya.
BUDI
Lagian lo sih. Ngomong aja dari
awal kalo lo gampang mabuk. Hahaha.

DODY
Lo ketawa aja sampe besok. Terus ini gimana nasib gue ?
Kemarin udah gagal. Sekarang gimana dong ?

BUDI masih tertawa kecil. ANDI sambil mengunyah, mengangkat
Sendok.
ANDI
Gini gini… Kalo memang lo gabisa ngomong ke Amira.
Paling ngga, kasih dia sesuatu yang menggambarkan
perasaan lo!

BUDI
Bener tuh!

DODY
Hah ? gimana sih maksudnya ?

ANDI
Misalnya lo kasih dia barang yang punya makna tentang
perpisahan. Biar dia ngerti, kalo lo sebenarnya pingin
pisah sama dia. Kayak gitu gitu lah.

BUDI
Lagu aja deh, saran gue. Biar gampang. Lo kasih dia disk
isinya 1 lagu gitu.

DODY
Jadi gue kasih dia disk yang isinya lagu tentang ‘pingin
putus’ gitu ya ?

BUDI dan ANDI mengunyah makanannya sambil mengangguk. DODY
Hanya diam.


5    INT. RUMAH DODY – KAMAR DODY – NIGHT                           5
DODY sedang main FIFA di PCnya . Handphonenya tiba-tiba
berbunyi, panggilan dari AMIRA. DODY menjatuhkan
stik PCnya, segera mengambil handphonenya. Menghela napas,
dan mengangkat panggilan AMIRA.

DODY
Halo Mir ?
INTERCUT TO:
6.   INT. KAMAR AMIRA – NIGHT                                       6
AMIRA sangat senang.



AMIRA
Kamu kok bisa tau sih aku suka banget
Sheila On 7 ? Perasaan aku belum pernah
cerita ke kamu deh!

DODY
Hah ?!

AMIRA
Iyaa, kamu kan yang masukin disk lagu DAN – Sheila On 7
 ke tas aku ? Ngaku deh! Ini aku puterin terus loh
daritadi! Hahaha.

DODY
Iya tadi aku masukin, tapi ini…
Liriknya kan…

AMIRA
Iyaa, aku suka banget. Lirik semua lagunya
Sheila On 7 itu enak enak, easy listening
banget! Eh btw tadi aku dikasih tau temen aku
yang Anak Hukum, katanya bulan depan ada acara
fakultasnya dia bakalan ngundang Sheila on 7 gitu.
Kita datang yah nanti! Aku udah lama ngga seru-
seruan nonton konser lagi, terakhir kelas 2 SD!

DODY
Nggak, aku tadi maksudnya…

PAPA AMIRA (O.S)
Mir… Amiraa…

AMIRA
Yaudah yah Dod, Papa-ku manggil nih. Udah dulu yah!

AMIRA menutup telpon. DODY menyesal, menjatuhkan kepalanya
Ke meja.

7    EXT. KANTIN KAMPUS – DAY                                       7
DODY, BUDI, dan ANDI duduk dengan segelas es teh diatas
meja masing masing didepan mereka.


ANDI
Kenapa harus Sheila On 7 sih ?! Masa lo sebelumnya
Ngga tau kalo dia suka Sheila on 7 ?!
Jadinya gini kan? salah persepsi.

DODY
Gue taunya lagu itu tentang pingin-mutusin-cewek, gitu…
mana gue tau ternyata Sheila On 7 band favoritnya dia.

BUDI
Kayaknya lo juga ngga bener bener tau deh,
jenis kelaminnya Amira itu apaan…

ANDI
Oke, ini saran gue yang terakhir. Gue
Saranin lo…

DODY
Ngga, ngga,ngga. Gue pingin jujur aja langsung
Ngomong ke Amira. Ngga usah saran saran lagi.
Nanti malam gue bakalan langsung ke rumahnya, dan
Ngomong langsung sama dia!


BUDI dan ANDI kaget dan saling melirik satu sama lain.



8    EXT. TERAS RUMAH AMIRA – DEPAN PINTU – NIGHT                   8

DODY berdiri. Lalu, AMIRA membuka pintu.

AMIRA
Dod! Ayo masuk masuk!

DODY
Ngga, Mir. Sebenarnya aku mau ngomong
Sesuatu sama kamu. Jadi selama ini…

PAPA AMIRA (O.S)
Mir… Amiraa…

AMIRA
Eh bentar ya, Dod. Aku lagi masak makan malam buat
Papa-ku. Kamu mau makan juga ngga ? biar sekalian aku masakin.

DODY
Aku udah makan kok, Mir. Ga usah repot repot.

AMIRA
Yaudah, masuk aja dulu.

9    INT. RUMAH AMIRA – RUANG TAMU – NIGHT                         9

Dody duduk di sofa, memandangi foto foto di dinding.
Tampak 3 foto Amira bersama keluarganya; AMIRA, ayah dan
ibunya. Dari dalam rumah, PAPA AMIRA Berjalan ke ruang tamu
menghampiri DODY.


AYAH AMIRA
Dody ya ?

DODY
Iya Om.


AYAH AMIRA mengangguk kecil, sambil duduk disofa.


PAPA AMIRA
Kamu tau ngga berapa nilai dari Sin 90 derajat?


DODY merasa aneh dan kebingungan. Dahinya menyerngit, dan berpikir.

DODY
Kayaknya, 1 om. Iya, 1.


PAPA AMIRA mengangguk-ngangguk kecil. DODY sedikit merasa
aneh dan canggung.

PAPA AMIRA
Om cuma mau pastiin, cowok yang dekatin
Amira itu bukan cowok sembarangan.


DODY sedikit tersenyum canggung.


DODY
Iya om.


PAPA AMIRA memandang foto di dinding.


AYAH AMIRA
Itu Mamanya Amira. Mama-nya Amira meninggal waktu
Amira kelas 2 SD. Mama-nya Amira itu baik banget orangnya,
Ga pernah marah-marah sama Amira, selalu ramah ke
Orang orang disekitarnya. Persis kayak Amira sekarang.
Sejak Mama-nya meninggal, Amira selalu bilang,
kalo mulai dari saat itu, Dia gak akan menyia-nyiakan
apa yang sudah Dia punya, selagi masih punya waktu buat
menjaganya.


DODY diam menatap PAPA AMIRA.


AMIRA (O.S)
Pah, ini makanannya udah siap.

PAPA AMIRA
(sedikit menoleh ke belakang)Iya Mir! Bentar.
Udah makan kamu Dod ?

DODY
Iya, Om. udah, Om.

PAPA AMIRA
Serius kamu ?

DODY
Serius, Om. Udah kok Om. (senyum tipis)

PAPA AMIRA
Yaudah.


AYAH AMIRA berjalan masuk ke dalam rumah. AMIRA berjalan
Menuju ruang tamu, menghampiri DODY. Sambil duduk di sofa.


AMIRA
Maaf ya, lama nunggu.

DODY
Ngga. Ngga apa-apa.

AMIRA
Kamu ngga ditanya macem-macem kan sama Papa ?

DODY
Ngga, ngga. Tadi seru ngobrolnya.

Amira tersenyum. Dody tersenyum. Lalu, wajah AMIRA tampak
Penasaran.
AMIRA
Tiba tiba loh, tadi sore kamu minta mau
 datang kesini. Tadi pas di luar, kamu mau ngomong apa ?


DODY melihat AMIRA dengan tatapan dalam.


DODY
Aku pingin datang main ke rumah kamu aja. Aku tadi
mau bilang kalo pingin ketemu Papa kamu.
Aku mau dikenal sama Papa kamu, aku mau lebih dekat sama
keluarga kamu.

AMIRA tersenyum malu.




























Comments

Promo Voucher Game